Search

Berlangganan

Masukan Alamat Email Kamu Dan Dapatkan Update Dari MKripsky GRATIS

Delivered by FeedBurner

Sunday 10 February 2013
Sebelum kita masuk ke topik pembicaraan saya ingin sedikit berbagi tentang orang yang belum mengetahui dasar dasar dari komputer yang menyebut dirinya hacker supaya ingin disegani kawan ataupun lawan dan pada akhirnya munculah newbie yang mengaku "hacker" abal abal..dan kebanyakan kalau ditanya apa itu hacker pasti semua menjawab orang yang ahli bidang komputer..kriminal dunia maya dan bla bla bla..baiklah tidak usah berlama lama

 Apa itu dunia maya dan digital : Dunia maya adalah tempat berkomunikasi,berinterkasi,bercengkrama dll dunia digital adalah dunia yang serba instan,dunia maya bisa bersifat positif dan negative bagi pelakunya,pada zaman sekarang kita wajib mempunyai sedikit ilmu tentang dunia maya atau digital kalau tidak ingin tertindas dengan kemajuan zaman

Pembahasan awal

HACKER, demikian Masyarakat menyebutnya, mereka melakukan kejahatan dengan mengambil keuntungan, mencuri atau bahkan menghancurkan sistem komputer yang dimasukinya.
Perkataan “HACKER” muncul sekitar tahun 1960-an dimana komputer-komputer masih merupakan “Monster” karena ukurannya yang masih sangat besar. Komputer monster ini biasanya terletak didalam ruangan khusus yang luas. Pada masa ini komputer merupakan sebuah “Monster yang langka” dan memerlukan perawatan yang seksama. Hacker diartikan sebagai Orang yang mendisain (Merancang) dan menciptakan program komputer.
Para Hacker ini telah berhasil menulis program catur yang pertama. Mereka juga membantu John Mc Carthy dalam mengembangkan salah satu bahasa Aritificial Intelligence (AI), yaitu bahasa LISP. Para Hacker MAC merupakan pelopor bagi terciptanya apa yang disebut sekarang dengan Expert System dan Komputer Time Sharing. Para Hacker MAC juga merupakan pencipta sistem operasi (Operating System) yang berfungsi penghubung antara komputer dan layar monitor.
Dengan kemajuan teknologi, komputer mulai tersebar. Tenaga operator dan programmer bertambah banyak, pada sekitar tahun 1965 istilah Hacker berkembang artinya. HACKER (Peretas) bukan hanya Orang yang mendisain (Merancang) dan menciptakan program komputer, tapi juga berarti orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat. Seperti menemukan hal-hal baru dalam penggunaan komputer, mencari kelemahan sistem komputer, dan sebagainya.
Kemudian pada tahun 1983, istilah Hacker mulai benar-benar berkonotasi negatif. Pasalnya, pada tahun tersebut untuk pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414s yang berbasis di Milwaukee, Amerika Serikat. 414 merupakan kode area lokal mereka. Kelompok yang kemudian disebut hacker tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Satu dari pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan.
Kemudian pada perkembangan selanjutnya muncul kelompok lain yang menyebut-nyebut diri sebagai peretas, padahal bukan. Mereka ini (terutama para pria dewasa) yang mendapat kepuasan lewat membobol komputer dan mengakali telepon (phreaking). Peretas sejati menyebut orang-orang ini cracker dan tidak suka bergaul dengan mereka. Peretas sejati memandang cracker sebagai orang malas, tidak bertanggung jawab, dan tidak terlalu cerdas. Peretas sejati tidak setuju jika dikatakan bahwa dengan menerobos keamanan seseorang telah menjadi peretas.
Para peretas mengadakan pertemuan tahunan, yaitu setiap pertengahan bulan Juli di Las Vegas. Ajang pertemuan peretas terbesar di dunia tersebut dinamakan Def Con. Acara Def Con tersebut lebih kepada ajang pertukaran informasi dan teknologi yang berkaitan dengan aktivitas peretasan.
Peretas memiliki konotasi negatif karena kesalahpahaman masyarakat akan perbedaan istilah tentang hacker dan cracker. Banyak orang memahami bahwa peretaslah yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web (defacing), menyisipkan kode-kode virus, dan lain-lain, padahal mereka adalah cracker. Cracker-lah menggunakan celah-celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (bug) untuk menyusup dan merusak suatu sistem. Atas alasan ini biasanya para peretas dipahami dibagi menjadi dua golongan: White Hat Hackers, yakni hacker yang sebenarnya dan cracker yang sering disebut dengan istilah Black Hat Hackers.

PHREAKER..??
Awal tahun 1970 merupakan sejarah baru dalam dunia Hacker. Para Hacker seolah-olah mendapat mainan baru yang sangan menyenangkan yaitu jaringan telephone beserta komputer-komputer telekomunikasi yang bisa memberikan fasilitas dalam petualangan teknologi komputer ke seluruh penjuru dunia. Dengan menggunakan sedikit metode para Hacker bisa menggunakan jaringan telephone secara Gratis. Hacker yang bermain-main dengan sistem komunikasi ini dikenal dengan nama “PHREAKER”, dari kata PHone fREAk and hacKER. Sedangkan istilah Phreaker lebih dimaksudkan untuk kegiatan yang dilakukan Hacker dalam hubungan dengan sistem komunikasi.
Metode yang digunakan para Phreaker ini pada mulanya karena ulah seorang bocah yang berusia 8 tahun, Joe Engressia. Joe adalah seorang tunanetra, ia mempunyai pendengaran yang melebihi orang normal pada umumnya. Joe bisa membedakan tinggi nada (Pitch) dengan sempurna. Ia bertanya pada operator telephone tentang bunyi yang didengarnya saat sebelum telephone recording mati, tetapi karena ia berusia 8 tahun maka penjelasan-penjelasan yang diberikan belum bisa dimengerti. Walaupun begitu Joe tidak putus asa, dia tetap mengadakan eksperimen siul didepan telephone, hingga akhirnya dia dapat menghentikan telephone recording yang dipasang perusahaan telekomunikasi. Penemuan ini tidak diketahui umum sampai saat dia berusia 22 tahun dimana majalah Esguire menceritakan tentang dirinya. Segera sesudah pemberitaan itu para Hacker membentuk group-group Hacker. Kemudian secara bersama-sama mereka mencari frekuensi yang disiulkan Joe.
* Istilah-istilah dalam Hacking :
  1. Hacktivist ; hacktivis adalah hacker yang menggunakan teknologi untuk mengumumkan pandangan sosial, ideologi, agama, atau pesan politik.Dalam kasus yang lebih ekstrim, hacktivism digunakan sebagai alat untuk Cyberterrorism.
  2. Meretas komputer ; meretas komputer merupakan Sebuah contoh umum dari eksploitasi keamanan adengan cara injeksi SQL,melalui lubang keamanan yang mungkin disebabkan dari praktek pemrograman bawah standar. Eksploitasi lain akan dapat digunakan melalui FTP, HTTP, PHP, SSH, Telnet dan beberapa halaman web.
  3. Vulnerability scanner ; Sebuah Vulnerability scanner adalah alat yang digunakan untuk dengan cepat mengecek komputer pada jaringan untuk diketahui kelemahan.Hacker juga biasanya menggunakan port scanner.port scanner ini adalah alat untuk melihat port pada komputer tertentu untuk mengakses komputer, dan kadang-kadang akan mendeteksi program nomor versinya.firewall melindungi komputer dari penyusup dengan membatasi akses ke port
  4. Password cracking ; Password cracking adalah sebuah aplikasi yang menangkap paket data, yang dapat digunakan untuk mencuri password dan data lain dalam transit melalui beberapa jaringan.
  5. Trojan horse ; Trojan horse adalah program yang tampaknya akan melakukan satu hal, tetapi sebenarnya melakukan hal lain.Sebuah Trojan horse dapat digunakan untuk mendirikan sebuah pintu belakang dalam sebuah sistem komputer sedemikian rupa sehingga penyusup dapat memperoleh akses upa seckemudian. (Nama trojan horse merujuk pada kuda dari Perang Troya, dengan fungsi secara konseptual menipu para prajurit untuk membawa seorang penyusup masuk.)
  6. Virus ; Virus adalah sebuah program replikasi diri yang menyebar dengan menyisipkan salinan dirinya ke dalam kode executable lain atau dokumen.Dengan demikian, virus komputer berperilaku mirip dengan virus biologis yang menyebar dengan memasukkan dirinya ke dalam sel-sel hidup.
  7. Worm ; Seperti virus, worm juga merupakan program replikasi diri.Sebuah worm berbeda dari virus itu menyebar melalui jaringan komputer tanpa campur tangan pengguna.Banyak orang bingung bingung membedakan istilah “virus” dan “worm”.

Pembedaan Hacker,Cracker,Defacer,Phreaker,Hacker Wannabe,Script kiddie,Scammer, dan Newbie 

Hacking adalah sebuah seni ketrampilan mengoperasikan/mengendalikan/menguasai komputer mencakup semua aspek mulai dari level dasar sampai level tertinggi baik dalam komputerisasi dasar, pemrograman dasar sampai dengan jaringan yang sangat rumit. Sedangkan orang yang mampu melakukan itu semua di beri julukan “hacker”. Hacker umumnya JUSTRU tidak sangat ingin di publikasikan apalagi sampai menggembar-gemborkan dirinya adalah hacker. Justru hacker cenderung diam dan tertutup dengan status sosial yang sangat normal. Bahkan sangat tidak mungkin anda sangka seseorang yang pendiam dan lugu bahkan culun adalah seorang hacker (bukan berarti semuanya). Hacker umum-nya tidak merusak, mereka kebanyakan mencari informasi/data penting tingkat tinggi bukan untuk mencuri/kesenangan tapi lebih cenderung untuk mengetes, bukan mengetes kemampuan mereka tapi system yang sedang mereka hadapi. Kebanyakan hacker tidak sangat mudah di kalahkan mereka mampu menguasai dan memutar balik keadaan karena mereka bisa di anggap satu level dengan system… Jadi kalau ada yang teriak “HAI SAYA INI HACKER” apakah dia memang masuk kategori hacker ataukah malah masuk kategori lain-nya yang lebih spesifik?

Cracker? Cracker bisa di kategorikan sebagai orang yang memahami jenis pemrograman tingkat tinggi dan sedikit pengetahuan jaringan. UMUM-nya cracker kebanyakan membuat kemampuan untuk membuah sebuah program untuk meng-disfungsikan/me-manipulasi jalur yang seharusnya. Contohnya: Cracker membuat sebuah program agar program yang seharusnya berbayar menjadi gratis. Cracker tidak terlalu memahami seluk beluk jaringan mereka kebanyakan umum-nya cenderung menyukai segala sesuatu yang bersifat GRATISAN.

Defacer
? Pernah ada suatu kasus saya melihat orang dengan bangganya memamerkan nama panggilannya didalam sebuah website milik orang lain. Lalu berkata “Website itu sudah aku hack” HACK? SUMPE LO? defacer kebanyakan umum-nya adalah orang iseng yang sedang ingin mencoba mencari tau baik dari segi ilmu, kemampuan, dan jati diri… kebiasaan yang paling mudah diketahui adalah mereka gemar merubah tampilan website menggunakan/memanfaatkan kelemahan bug/kecacatan dalam sebuah program. Defacer umumnya tidak begitu memahami tentang level pemrograman mereka lebih cenderung memahami tentang kinerja sebuah webserver beserta script yang ada didalamnya.

Phreaker, Mungkin jarang di Indonesia yang pernah mendengar kata ini. Phreaker ini sebenarnya hampir sama sifatnya dengan cracker dimana sama-sama menyukai GRATISAN. Bedanya Phreaker lebih fokus ke dalam bug jaringan/telekomunikasi. Contoh mudahnya orang bisa menelpon gratis padahal seharusnya berbayar, atau contoh lainnya seseorang menggunakan bug yang ada didalam sebuah perusahaan telekomunikasi (meskipun tidak diketahui bocornya informasi ini hasil sendiri atau diberi tahu orang dalam) itu adalah salah satu kegiatan phreaking dan orang yang melakukannya di sebut phreaker.

Hacker Wannabe
, ini yang sangat banyak dan mudah di jumpai di Indonesia :) banyaaaaaaakkkkkkkkk sekaliiiii… terutama di forum-forum. Saya kurang paham arti harfiah hacker wannabe tapi sebenarnya ini lebih cenderung mengarah ke psikologi dimana umum-nya para hacker wannabe ini ingin melakukan sesuatu yang gila dan di luar kenormalan baik di dalam cakupan kemampuannya atau diluar kemampuannya dengan tujuan mendapatkan pengakuan “hebat” atau “mampu” dari orang di sekitarnya. Contoh paling mudah kalau kalian punya teman yang mengaku bisa/jago hacking facebook/friendster dia termasuk dalam kategori hacker wannabe ini

Script Kiddie,Script Kiddie adalah seseorang yang memiliki kemampuan kurang dalam dunia internet yang hanya bisa menggunkan tools orang lain untuk melakukan serangan terhadap jaringan internet, biasanya hanya untuk sensasi. Pada zaman sekarang ini menjadi seorang Script Kiddie tidak lah susah karena hanya dengan bermodal koneksi internet dan mengerti sedikit tentang komputer, Orang awam seperti saya pun bisa menjadi Seorang Script Kiddie karena hanya sedikit mempelajari tool-tools yang di sebar di internet dan mempelajarinya maka kita bisa menjadi Seorang Script Kiddie.Pada zaman sekarang ini menjadi seorang Script Kiddie.tidak lah susah karena hanya dengan bermodal koneksi internet.dan.mengerti sedikit tentang komputer, Orang awam seperti saya.pun bisa menjadi Seorang Script Kiddie karena hanya sedikit.mempelajari tool-tools yang di sebar di internet dan
mempelajarinya maka kita bisa menjadi Seorang Script Kiddie.
Def inisi Script Kiddie.Di dunia hacker sendiri, Seorang Script Kiddie diartikan
sebagai seseorang dengan niat buruk yang menggunakan program
lain untuk menyerang sistem komputer atau pun melakukan deface
pada website.Di sebut seorang script kiddie bukan lah sebuah
kebanggaan, biasanya diasumsikan sebagasi seorang anak (kid)
yang kurang memiliki kemampuan untuk membuat tools sendiri dan
biasanya hanya bertujuan untuk membuat sensasi.
Bagaimana pun hal ini dapat menimbulkan banyak masalah
bagi para pengguna komputer dan kita yang sering menggunakan
internet, biasanya seorang script kiddie mencari target bukan
dengan memilih target tetapi lebih mengandalkan hasil scan dari
tools yang mendeteksi kelemahan sebuah sistem pada umumnya.
Cepat atau lambat tools yang digunakan Seorang script
kiddie akan memberikan hasil scan dari sebuah sistem yang lemah
yang nantinya dapat diserang dengan mudah, nah dari dasar itu
lah Seorang Script Kiddie menjadi ancaman, siapapun dapat
menjadi target selanjutnya karena Script Kiddie tidak menentukan
korban tetapi menggunakan hasil scan dari sebuah tools yang
mendeteksi kelemahan sebuah sistem.Senjata Yang Di Gunakan Script Kiddie
Di Zaman ini apa pun sangat mudah di temukan di internet,
sama juga dengan senjata andalan Script Kiddie. Banyak sekali
tools yang bisa di download di internet dan dapat di gunakan
dengan mudah walau pun digunakan orang awam sekali pun seperti
saya ini.Satu yang sangat sederhana yaitu dengan cara menscan
IP/web untuk mencari kelemahan sistem yang dapat di serang
dengan mudah, untuk menjadi Seorang script kiddie. Seseorang
tidak usah kerja hingga larut malam karena banyak tools yang
bekerja secara otomatis jadi bisa kita tinggal beraktivitas dan
kita tinggal menunggu hasil scan dari sebuah tool.Hal buruk yang dapat terjadi
Sekali sistem anda lemah maka penyusup akan langsung masuk
dan menyerang sistem anda dengan tanpa ada rasa kasih sedikit
pun. Dibawah ini adalah sedikit hal buruk yang dapat terjadi
jika sebuah sistem telah di serang:
1. Deface Web
Setelah penyusup lalu berhasil masuk ke web serve dan
mempunyai akses penuh di sebuah webs, biasanya yang di lakukan
seorang script kiddie adalah mengganti halaman utama sebuah web
dengan id nick name beserta pesan yang ditujukan buat admin web
tersebut.
Tidak hanya itu banyak para penyusup mengobrak-ngabrik isi
web sehingga web tidak lagi bisa di akses oleh pengunjung atau
tidak berjalan dengan baik lagi. hal tersebut merupakan sebuah
prestasi bagi seorang script kiddie.
2. Menginfeksi sistem
Salah satu contohnya melalui virus atau pun worm yang di
sebar melalui internet yang nantinya virus atau worm yang
menginfeksi sebuah komputer akan menggubah sisitem, menggambil
file-file penting yang ada pada komputer atau merusak total
sebuah computer hingga tidak bisa digunakan kembali.
3. Mengambil password
Password dengan strong type ( mempunyai password yang sulit di
tebak ) kadang tidak berdaya jika script kiddie telah
menjalankan program keylogger atau sebuah program yang dapat
meng-enskrip sebuah passwordJika seorang script kiddie telah mendapatkan akses penuh,
maka mereka dapat sesuka hati melakukan hal apa saja, contohnya
seperti menghaspus atau mencuri file-file sangat penting.
Bayangkan jika file-file penting anda atau file-file
sensitif lainnya dicuri oleh orang lain jika computer anda
diserang oleh penyusup.
Proteksi-proteksi
Sebuah serangan terjadi karena adanya sebuah kelemahan
maka dari itu kita harus melakukan proteksi-proteksi berdasarkan
metode serangan.

Scam/Scammer,SCAM adalah penipuan-penipuan oleh individu atau kelompok yang biasanya menggunakan sebuah situs dengan janji-janji pembayaran apabila melakukan hal yang mereka minta. tapi pada kenyataannya mereka tidak melakukan pembayaran sesuai janji mereka.Disini saya tidak akan menjabarkan ataupun memberikan daftar situs SCAM tersebut, tapi jika anda ingin mengetahui daftar-daftar tersebut anda bisa cari di search enggine dengan kata kunci "daftar situs-situs SCAM'" atau jika ingin lebih spesifik, ketika anda ingin tahu tentang sebuah situs apakah termasuk SCAM atau tiadak contoh (example.com) maka cari saja di search enggine dengan kata kunci "example.com is SCAM?".

Tips menghindari SCAM:

1. Cari tahu di search enggine, tentang riwayat situs yang sedang anda teliti.

2. Jika perlu lihat yang melampirkan bukti pembayaran yang mereka terima.

3. Jika terbukti baik dan benar. silahkan diikuti.

Newbie,Seorang pengguna teknologi baru, seperti komputer, program komputer tertentu, atau internet, sering disebut sebagai “pemula.” Istilah ini berasal dari sekitar tahun 1990 dan diduga berasal dari frase bahasa Inggris, “anak baru,” yang merujuk kepada seseorang di tahun pertama mereka di sekolah umum. Dalam online chat room, para pengguna suka menyebut siapa saja yang menanyakan pertanyaan yang mudah dengan sebutan newbie. Jika Anda pernah mendapatkan disebut newbie, hiraukan saja – semua orang memang harus banyak belajar.tapi kalian sebagai newbie tidak boleh terlalu sombong banyak orang yang lebih hebat dari kalian ingat pepatah katak dalam tempurung,dunia itu luas,kalo kalian sudah menjadi newbie yang baik berarti kalian sudah akan bisa maju kelevel berikutnya dan menghapus newbie newbie yang mengaku hacker

Sekian semoga bermanfaat

0 komentar:

Visitor Counter

Donate

Bagi pengunjung yang tergerak hatinya untuk berdonasi kepada MKripsky silahkan langsung saja ke email ini khairimfaqir13@gmail.com ,hal ini di sebabkan karna MKripsky sedang dalam posisi yang sangat mendesak dan juga untuk terus berjalannya MKripsky..Sekian Dan Terimakasih

Mau Pasang Iklan?? Cuma Rp.10.000 Per/Bulan

Top Box Office Movies

Kualitas Bluray 720p 900MB
Mau Download Tinggal Klik Poster
Update Per/Bulan

Top Song This Week

Video Terlalu Kecil??Tidak Masalah..Tunggu Sebentar

Total Tayangan Laman

Entri Populer

MKripsky Di Facebook

Members

Twitter

Banner

christian tatelu

Translate

-[]-Maaf Sebelumnya MKripsky Akan Jarang Update-[]- Selamat Datang Di MKripsky -[]- Silahkan Nikmati Artikel Yang Sudah Tersedia Dan Nikamti Musik Yang Telah Kami Sediakan -[]- Dan Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Dan Likenya Ya -[]- Maaf Belakang Ini MKripsky Akan Jarang Update -[]- Maaf Sekali Lagi -[]-